Forecasting | Metode Peramalan

khansamhamnida.wordpress.com. Peramalan (forecasting) merupakan prakiraan atau prediksi terhadap kejadian yang mungkin akan terjadi pada waktu yang akan datang. Dalam melakukan peramalan dilakukan pendekatan secara matematik atau pendekatan diskriptif yang dapat diterima sebagai hasil disiplin ilmu. Hasil dari sebuah ramalan sangat mempengaruhi dalam penyusunan sebuah rencanaan kedepen. Pemilihan metode peramalan yang baik akan menghasilkan sebuah perencanaan yang baik pula. Hal ini dikarenakan dalam sebuah peramalan memperhatikan beberapa hal yang merupakan bagian dari sebuah perencanaan dengan mengevaluasi kinerja dimasa lalu untuk mengetahui seberapa efisien tindakan yang telah dilakukan.

Bermacam – macam metode peramalan yang telah kita kenal seperti metode smoothing, dekomposisi, analisis input – output mampu menghasilkan peramalan yang baik. Tentunya tidak dapat dihindari bahwa metode – metode tersebut memiliki kelemahan, yaitu menyesuaikan pola data yang akan dilakukan forecasting. Metode smoothing misalnya, metode ini hanya cocok digunakan untuk peramalan jangka pendek dengan memperhatikan rata-rata bergeraknya karena memberikan bobot yang sama pada data historisnya. Metode dekomposisi berlaku bila data yang forecast memiliki unsur trend, season, siclic dan randomize atau hanya memiliki dua unsur saja. Metode input-output hanya dapat digunakan untuk data yang memiliki hubungan yang saling terikat. Hal ini ditunjukkan bila salah satu data suatu sektor mengalami kenaikan, maka akan berpengaruh terhadap kenaikan sektor lainnya.

Metode – metode peramalan yang telah disebutkan sebelumnya memiliki asumsi bahwa hal – hal yang mempengaruhi perubahan data tersebut dianggap statis sehingga seakan – akan data yang diramal terisolasi dari kemungkinan berubahnya data yang disebabkan oleh variable tak terduga. Perubahan data yang disebabkan oleh variable yang tak terduga tak dapat diabaikan. Oleh karena itu dilakukan pendekatan secara ekonometrika. Yaitu sebuah pendekatan secara ilmu ekonomi, yaitu perubahan suatu data tidak terlepas dari hal – hal yang mempengaruhi dengan kata lain dalam sebuah arus ekonomi terdapat faktor – faktor yang mempengaruhi keberlangsungan arus tersebut. Serta pendekatan secara matematik bahwa sebuah operasi matematika dipengaruhi oleh banyaknya bilangan yang saling beroperasi di dalamnya. Pendekatan secara ekonometrika ini sering disebut sebagai metode peramalan regresi.

Jadi metode peramalan regresi adalah metode yang berusaha mencari pengaruh yang menyebabkan berubahnya suatu data. Metode regresi sendiri dibagi menjadi beberapa macam. Diantaranya adalah regresi sederhana, regresi ganda, regresi logistik dan regresi variable dummy.

Leave a comment

Filed under Statistik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s