Asuransi | Jaminan Sosial

khansamhamnida.wordpress.com.

Jaminan sosial (social insurance) sesungguhnya tidaklah menjamin suatu resiko didalam pertanggungan asuransi jiwa (life insurance). Alasan yang dapat dikemukakan ialah karenanya tidak menjamin resiko kematian, oleh karena pada umumnya uang yang dibayarkan kepada pihak yang bersangkutan, tak lain merupakan uang yang ditabung tiap-tiap yang diambil dari gajinya.

Jaminan sosial (social insurance) timbul karena suatu kebutuhan masyarakat akan terselenggaranya suatu jaminan sosial tersebut dibutuhkan karena keadaan atau bahaya yang terjadi di luar kemampuan dan kehendak dari masyarakat itu sendiri. Artinya disini anggota masyarakat sebagai satu kesatuan yang didalam hal ini kepentingannya dilindungi oleh negara serta resiko-resiko yang mungkin dihadapi itu akan ditanggung secara bersama-sama juga.

Pada kenyataannya, jaminan sosial sebenarnya masih merupakan suatu kenyataan yang relatif dini. Bermula dari pertumbuhan dan perkembangannya berlandaskan atas kebutuhan masyarakat akan suatu jaminan sosial.

Oleh karena itu maka jaminan sosial ini menitikberatkan pada suatu tujuan guna memenuhi kebutuhan akan jaminan sosial atau social insurance dalam masyarakat, maka tepat jika jaminan seperti ini disebut sebagai jaminan sosial. Pada dasarnya dapat dikatakan bahwa tujuan jaminan sosial memang berkaitan dengan perlindungan terhadap jaminan sosial dalam masyarakat. Pengenalan jaminan sosial di Indonesia dianggap sesuai dengan usaha-usaha pemerintah untuk mewujudkan program kesejahteraan sosial, dalam rangka untuk lebih menjamin akan adanya kesejahteraan masyarakat luas.

Penyelenggaraan jaminan sosial biasanya merupakan badan-badan negara atau suatu organisasi dibawah wewenang dan pengawasan negara. Jadi dalam hal ini pemerintah berperan sebagai penanggung sekaligus sebagai penguasa dan pengelola dana. Dengan demikian fungsi sosial dari jaminan sosial tampak jelas, yaitu untuk kesejahteraan masyarakat dan dana yang terkumpul ada dalam kekuasaan pemerintah serta akan kembali lagi kepada masyarakat.

“Social Insurance is designed to provide a minimum of protection against hazards that tend to produce dependency problems for society” atau dengan perkataan lain bisa didefinisikan sebagai berikut :

“Jaminan Sosial dapat dirumuskan secara umum sebagai segala macam jaminan serupa dengan asuransi yang melindungi orang terhadap resiko sosial”.

Jaminan sosial tidak lain merupakan suatu apresiasi dari suatu perwujudan dari suatu penyelenggaraan kesejahteraan masyarakat. Artinya bahwa jaminan sosial bertujuan untuk memberikan jaminan terhadap segala kemungkinan terjadinya suatu kerugian di luar kemampuan anggota masyarakat sendiri. Karena kemungkinan kerugian itu disebabkan oleh sesuatu yang ada diluar kemampuan serta tidak biasa diatasi sendiri, maka wajiblah segera diambil alih. Pengambilan alih ini tentu saja untuk pemberian jaminan sosial.

Leave a comment

Filed under Asuransi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s