Jaminan Sosial | Jenis-jenis Jaminan Sosial

khansamhamnida.wordpress.com.

Jaminan Sosial Tenaga Kerja

Jaminan sosial terhadap tenaga kerja mempunyai peranan dan arti yang penting dalam pelaksanaan pembangunan nasional pada umumnya dan dalam peningkatan produksi dan produktivitas khususnya,sehingga perlu diberikan perlindungan, pemeliharaan, dan perawatan dengan cara menyelenggarakan jaminan sosial, baik bagi tenaga kerja maupun keluarganya.

Jaminan Sosial Tenaga Kerja meliputi 2 program :

  1. Program jaminan kecelakaan kerja
  2. Program tabungan hari tua yang dikaitkan dengan jaminan kematian

Dua program diatas sebenarnya adalah yang pertama untuk melindungi tenaga kerja terhadap resiko akan hilang atau berkurangnya penghasilan dari tenaga kerja bersangkutan karena adanya kecelakaan kerja yang disebabkan oleh penggunaan alat-alat besar dan tekhnologi modern serta bahan-bahan kimia. Kedua untuk melindungi resiko di hari tua yang akan mengakibatkan terputusnya penghasilan tenaga kerja.

Dihari tua, tenaga kerja juga membutuhkan akan adanya jaminan tersedianya dana yang dimanfaatkan pada saat sudah berhenti bekerja, baik karena sudah mencapai hari tua (usia 55/56 tahun) atau waktu menderita cacat tetap dan total ataupun pada waktu meninggal dunia.

Oleh karena itu tabungan hari tua yang dikaitkan dengan program jaminan kematian diharapkan dapat :

  1. a.     membuat tenaga kerja dapat memenuhi kebutuhan minimum dihari tuanya beserta keluarganya.
  2. b.    memberikan ketenangan kerja bagi tenaga kerja pada usia produktif

B.   Jaminan Sosial Pegawai Negeri Sipil

Tabungan jaminan pegawai negeri semula berasal dari forced saving, tujuannya ialah untuk memberikan tambahan pada pensiun. Pada jaminan sosial dapt kita lihat 3 macam resiko yang dijamin :

  1. Death benefit (jaminan kematian).
  2. Maturity benefit (setelah waktu tertentu pegawai menerima sejumlah uang pertanggungan).

Umpamanya setelah pegawai pensiun, sedang ia masih hidup, maka pegawai tadi akan menerima uang tunjangan pensiun tersebut. Ini namanya “maturity benefit”. Jika ia meninggal dunia, maka yang berhak menerima ialah ahli warisnya. Keadaan ini disebut “death benefit”.

  1. Disability benefit yaitu jaminan diberikan jika mendapat kecelakaan, sehingga tidak mampu menjalankan tugasnya.

C.   Jaminan Sosial Pensiun dan Tabungan Hari Tua

Pensiun adalah penghasilan yang diterima oleh penerima pensiun setiap bulan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Tabungan hari tua adalah suatu program Jaminan sosial pegawai negeri sipil, terdiri dari asuransi dwiguna yang dikaitkan dengan usia pensiun ditambah dengan asuransi kematian.

Ada 4 jenis hak yang diperoleh peserta Asuransi Sosial Pegawai Sipil akibat peristiwa berhenti dari pegawai negeri sipil :

  1. Hak atas pembayaran pensiun karena pensiun, besarnya dan cara pembayarannya menurut ketentuan peraturan perundang-undangan mengenai pensiun
  2. Hak atas pembayaran santunan asuransi kematian karena meninggal dunia pada masa aktif peserta, suami/istri peserta, anak peserta
  3. Hak atas pembayaran tabungan hari tua karena pensiun, meninggal dunia pada masa aktif, atau karena sebab lainnya
  4. Hak atas pembayaran kembali nilai tunai iuran Asuransi Sosial Pegawai Negeri Sipil karena berhenti dengan hormat atau tidak hormat.

D.  Jaminan Sosial Kesehatan

Dalam hukum asuransi, evenemen adalah peristiwa tidak pasti yang menjadi beban penanggungan. Dalam jaminan sosial kesehatan yang dimaksud dengan peristiwa tidak pasti adalah keadaan sakit yang mengancam kesehatan peserta. Apabila keadaan ini terjadi akan mengakibatkan hilang atau berkurangnya penghasilan karena pengeluaran biaya perawatan dan pengobatan. Resiko atas keadaan inilah yang menjadi beban jaminan Badan Penyelenggara sebagai penanggung.

Pemeliharaan kesehatan adalah upaya kesehatan yang meliputi peningkatan, pencegahan, penyembuhan, dan pemulihan kesehatan. Biaya pemeliharaan kesehatan sesuai dengan standart pelayanan, dibayar berdasarkan tarif yang telah ditetapkan oleh menteri kesehatan. Namun untuk semua biaya yang melebihi standart pelayanan dan tarif menjadi beban dan tanggungan jawab peserta.

Leave a comment

Filed under Asuransi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s