Regresi | Penyimpangan Asumsi Dasar

khansamhamnida.wordpress.com

Dalam analisis regresi, pertama data diuji dengan menggunakan uji klasik, yaitu uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikolinieritas, dan uji autokorelasi. Pengujian asumsi klasik ini untuk menghindari adanya penyimpangan-penyimpangan terhadap asumsi klasik.

Uji normalitas

Uji normalitas hanya digunakan untuk menguji dependent variable Y, sedangkan independent variable X1 dan X2 diasumsikan bukan merupakan fungsi distribusi, jadi tidak perlu diuji normalitas. Uji normalitas bertujuan untuk menguji apakah dalam model regresi berasal dari distribusi normal.

Uji heteroskedastisitas

Heteroskedastisitas muncul apabila error atau residual dari model yang diamati tidak memiliki varian yang konstan dari satu observasi ke observasi lainnya.

Uji multikolinieritas

Uji multikolinieritasterjadi hanya pada regresi ganda. Model regresi yang baik seharusnya tidak terjadi korelasi yang tinggi diantara variabel bebas. Uji multikolinieritas bertujuan untuk menguji apakah model regresi ditemukan adanya korelasi antara variabel bebas (independent variable).

Uji autokorelasi

Uji autokorelasi bertujuan untuk menguji apakah dalam model regresi linier ada korelasi antar error satu dengan error yang lain

Leave a comment

Filed under Statistik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s