Teori Antrian | Aturan Prioritas Pelayanan

khansamhamnida.wordpress.com

Pada tingkat kedatangan dapat ditentukan bahwa setiap pelanggan yang berada dalam antrian harus dilayani berdasarkan “ yang pertama datang, juga pertama dilayani ” (FCFS). Dalam prioritas pelayanan terdapat dua aturan yang dapat diikuti

Aturan preemptive

Menunjukkan bahwa pelanggan dengan prioritas pelayanan yang rendah tetap dapat memasuki fasilitas pelayanan bersama-sama dengan pelanggan yang datang pada prioritas yang utama (sangat tinggi)

Aturan Non Preemptive (NP)

Menunjukkan bahwa bila satu pelanggan sudah memasuki fasilitas pelayanan maka pelanggan tersebut akan ters dilayani sampai selesai, walaupun  datang pelanggan dengan prioritas yang lebih tinggi.

Aturan preemptive umumnya tidak menguraikan system antriannya secara mendalam, sedangkan pada system antrian non preemptive diuraikan melalui pelayanan tunggal dan pelayanan majemuk.

Pada model pelayanan tunggal dapat ditentukan untuk menggunakan distribusi poisson sebagai tingkat kedatangan pada system antrian, sementara pelayanan menggunakan distribusi bebas (arbitrary distribution).

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s