Analisis Data

https://khansamhamnida.wordpress.com.

Tujuan pokok suatu penelitian adalah untuk menjawab per-tanyaan dan hipotesis.  Untuk itu peneliti merumuskan hipotesis, mengum­pulkan data, memproses data, membuat analisis dan interpretasi.  Analisis data belum dapat menjawab pertanyaan penelitian. Sete­lah data dianalisis dan diperoleh informasi yang lebih sederha­na, hasil analisis tersebut harus diinterpretasi untuk mencari makna dan implikasi dari hasil-hasil analisis tersebut.

Dalam proses analisis data, peneliti menggolongkan, meng-urutkan, dan menyederhanakan data. Tujuan analisis data ini adalah untuk menyederhanakan data ke dalam bentuk yang lebih mudah dibaca dan diinterpretasi.  Dalam proses analisis ini seringkali digunakan metode-metode statistik.  Dengan menggunakan metode statistik ini dapat diperbandingkan hasil yang diperoleh  dengan hasil yang terjadi secraa kebetulan. Sehingga peneliti mampu menguji apakah  hubungan yang diamatinya memang betul-betul terjadi karena hubungan sistematis antara variabel yang diteliti atau hanya terjadi secara kebetulan.

Proses analisis data tidak berhenti sampai sekian. Hasil anali­sis harus dapat diinterpretasikan, artinya diadakan “interferen­sia” tentang hubungan yang diteliti.  Peneliti melakukan inbter­ferensi ini dalam usaha untuk mencari makna  dan implikasi yang lebih luas  dari hasil-hasil penelitiannya.  Interpretasi dapat dilakukan menurut pengertian yang sempit, hanya melibatkan data dan hubungan-hubungan yang diper-olehnya.  Interpretasi juga dapat dilakukan dalam makna yang lebih luas, openeliti berupaya membandingkan hasil penelitiannya dengan hasil-hasil peneliti lain serta menghubungkan kembali hasil inferensinya dengan teori.

Leave a comment

Filed under Statistik

Leave a comment